Merapi Meletus

Ini adalah letusan paling parah selama dua dekade. Hujan abu volkanik mencapai kota, bahkan sampai wilayah Pleret, Bantul. Baru kali ini hujan abu mencapai kota Jogja. Pleret itu lebih dari 40 km dari Merapi!

Yang berkilau memantul itu partikel debu vulkanik, bukan salju. Foto diambil di Malioboro jam 5 pagi oleh Alexius Satyo saat hujan abu sedang berlangsung.

Kepanikan yang terjadi sepanjang Jalan Kaliurang pada saat fase pertama erupsi hari Selasa tanggal 26, dan saat erupsi berhujan abu Sabtu dini hari tanggal 30 kemarin, sungguh mengerikan. Daerah Utara Kota Jogja itu padat penuh dengan mahasiswa dan lain-lain. Propinsi D.I. Yogyakarta berwarga 3-4 juta jiwa, Kotamadya Yogya sendiri berisi sekitar 800 ribu orang. Kalau 800 ribu orang ini panik, .... Sungguh, saya tidak berani membayangkan.


Perempatan Kentungan - Jalan Kaliurang pagi sesudah hujan abu tanggal 30 Oktober 2010, dari album foto Junaidi Hidayat


Wilayah berbahaya katanya diperluas dari radius 10 km menjadi 20 km. Masalahnya adalah, perluasan ini belum ditetapkan secara resmi, dan ini akan berakibat pada koordinasi kerja tim lapangan untuk evakuasi barak dan lain sebagainya.

Kalau nggak salah, ini juga belum dinyatakan sebagai bencana nasional, sehingga banyak hal yang harusnya sudah bisa dilakukan menjadi tertunda, misalnya masuknya bantuan dari LSM-LSM asing. Mandiri tanpa campur tangan asing itu perlu, saya setuju. Moga-moga saja semua pihak yang saat ini berada di lapangan sudah punya plan A sampai Z seandainya keadaan memburuk (semoga tidak memburuk) :(

Yes, of course I am worried and scared shitless.

Comments

Popular posts from this blog

Durga Doesn't Have Laundry Problems, and We Shouldn't Either!

Have Child Will Travel: Nyepi Holiday Adventure (2)

Main ke Desa