About Me

So, basically this blog was started by envy. Kulam Ikan Tetangga (the neighbor's fish pond) is a variation to the saying that goes "the neighbor's Grass is always greener". The Neighbor's Fish Pond will always have fatter and more fish (than your own fishpond). And so it is.

Merapi Meletus

No comments
Ini adalah letusan paling parah selama dua dekade. Hujan abu volkanik mencapai kota, bahkan sampai wilayah Pleret, Bantul. Baru kali ini hujan abu mencapai kota Jogja. Pleret itu lebih dari 40 km dari Merapi!

Yang berkilau memantul itu partikel debu vulkanik, bukan salju. Foto diambil di Malioboro jam 5 pagi oleh Alexius Satyo saat hujan abu sedang berlangsung.

Kepanikan yang terjadi sepanjang Jalan Kaliurang pada saat fase pertama erupsi hari Selasa tanggal 26, dan saat erupsi berhujan abu Sabtu dini hari tanggal 30 kemarin, sungguh mengerikan. Daerah Utara Kota Jogja itu padat penuh dengan mahasiswa dan lain-lain. Propinsi D.I. Yogyakarta berwarga 3-4 juta jiwa, Kotamadya Yogya sendiri berisi sekitar 800 ribu orang. Kalau 800 ribu orang ini panik, .... Sungguh, saya tidak berani membayangkan.


Perempatan Kentungan - Jalan Kaliurang pagi sesudah hujan abu tanggal 30 Oktober 2010, dari album foto Junaidi Hidayat


Wilayah berbahaya katanya diperluas dari radius 10 km menjadi 20 km. Masalahnya adalah, perluasan ini belum ditetapkan secara resmi, dan ini akan berakibat pada koordinasi kerja tim lapangan untuk evakuasi barak dan lain sebagainya.

Kalau nggak salah, ini juga belum dinyatakan sebagai bencana nasional, sehingga banyak hal yang harusnya sudah bisa dilakukan menjadi tertunda, misalnya masuknya bantuan dari LSM-LSM asing. Mandiri tanpa campur tangan asing itu perlu, saya setuju. Moga-moga saja semua pihak yang saat ini berada di lapangan sudah punya plan A sampai Z seandainya keadaan memburuk (semoga tidak memburuk) :(

Yes, of course I am worried and scared shitless.

No comments :