Bangun Pagi Mandi-mandi


Paling pagi bangun dengan rutin adalah jam setengah enam. Ini terjadi waktu sekolah masih pakai baju seragam. Sesudah bangun yang dilakukan adalah menyapu rumah, mencuci piring, dan memisahkan cucian berdasarkan warna dan ketebalan. Cucian baru dikerjakan sepulang sekolah. Pakai mesin cuci tentu saja. Sesudah mandi dan makan, langsung ke sekolah. Berangkat ke sekolah ya tentunya pakai baju dulu, seragam, kan tadi sudah bilang. ;p

Selepas sekolah dan masuk kuliah, masih bisa bangun pagi. Karena tahun pertama masih masa orientasi. Banyak tugas ini itu. Begadang juga masih kuat. Ke kampus jalan kaki menanjak bukit, hiking setiap hari. Bugar berseri! Pipi kemerahan, pantat dan betis kencang, perut... hmm baiklah, memang tidak begitu kencang, ... tapi! Sehat.

Tiga setengah tahun kemudian kredit kuliah habis dan tinggal skripsi saja, mulailah ritme menjadi semakin tidak teratur. Tidur larut, bangun siang. Olahraga semakin jarang. Terus hingga lulus dan pindah lagi ke rumah nyokap. Sampai pada suatu titik, saking parahnya ritme ini, saya kena asam urat. HAHAHA!

Sekarang di Jogja, saya bangun paling pagi jam 10. Tidurnya jam 4 subuh. Sebangun jam 10 itu, rutinitasnya ya tetep sama kayak waktu masih sekolah dulu *_* Menyapu, mencuci perkakas masak, dan memilah cucian (yang terakhir kalau lagi gak males karena sekarang nyucinya manual). Sekarang ditambah masak juga. Ho ho ho. Kurang domestik apa, coba?

NAH! Salah satu janji saya tahun ini adalah bangun pagi. Janji yang sama seperti tahun lalu, dan mmm.. kayaknya tahun sebelumnya juga. Sepanjang bekerja di Jakarta, catatan bangun pagi saya adalah jam tujuh atau setengah delapan. Itu pun dengan susah payah dan seringkali nambah-nambah. Pencet snooze setiap lima menit.

Sampai dengan tadi pagi, niatan masih kuat. Bahkan tadi pagi saya ikut berenang bersama The Nyais. Hebat sekali. Olahraga pagi-pagi! Saya lupa kapan terakhir saya berenang di kolam renang. Tadinya saya pikir waktu puasa 2007, Ditsky datang berkunjung dan menginap di hotel, lalu saya dan si Beib datang malam-malam bawa baju renang dan memanfaatkan fasilitas kolam renangnya. Tapi, barusan saya ingat kalau waktu tahun baruan 2009 di Cimaja, saya sempat berenang di kolam penginapan sebelah bersama si Bert dan si Blanyuk.

Ya, intinya, sudah lama saya nggak olahraga, dan sudah lama sekali saya nggak berenang. Hari ini saya melakukan dua-duanya, di samping bangun pagi.

Moga-moga bisa terus-terusan bangun pagi. Biarpun siangnya lemes dan tidur lagi. hihihi....



gambar pagi dipungut dari situs yang ini

Comments

Popular posts from this blog

Durga Doesn't Have Laundry Problems, and We Shouldn't Either!

Have Child Will Travel: Nyepi Holiday Adventure (2)

Monster Playgroup (Pt. 1)