About Me

So, basically this blog was started by envy. Kulam Ikan Tetangga (the neighbor's fish pond) is a variation to the saying that goes "the neighbor's Grass is always greener". The Neighbor's Fish Pond will always have fatter and more fish (than your own fishpond). And so it is.

Rahasia Meede: Misteri Harta Karun VOC

No comments
Rahasia Meede: Misteri Harta Karun VOC Rahasia Meede: Misteri Harta Karun VOC by E.S. Ito

Mengandung spoiler. Kalau kamu gak suka spoiler, gak usah diteruskan. Jangan misuh-misuh belakangan.

Resensi lengkap mungkin akan dibuat dan diunggah saat buku sudah rampung dibaca. Saat ini baru sampai halaman 235. Akan tetapi daripada tidak ada, berikut ini adalah berbagai coretan yang saya buat di halaman-halaman buku dengan menggunakan pensil.

Halaman 87: Karakter Guru Uban ini terlalu jelas dibuat sombong dan angkuh, hitam putih. Sepertinya akan condong pada sesuatu yang hitam.

Halaman 102: Cathleen lebih terdengar Amerika daripada Belanda, baik dari segi nama maupun gerak-gerik yang dideskripsikan.

Halaman 121: Dari semua karakter sejauh ini hanya Batu yang terbentuk lebih utuh, alami dan manusiawi (dalam artian 'believable').

Halaman 125: (re: Cathleen) perempuan ini mahasiswi sejarah, spesialisasinya apa bisa dikesampingkan, kenapa dia harus digambarkan sedemikian butanya tentang Suharto?

Halaman 129: Bab 13 ini seluruhnya bisa dihilangkan tanpa terlalu mengganggu keseluruhan buku.

Halaman 140: (re: Robert, Rafael dan Erick) Dari awal buku ketiga orang ini masih saja berbentuk cetakan datar dua dimensi. Perdebatan mereka terasa datar dan percuma karena mereka hanya dipakai untuk membeberkan pengetahuan penulis tentang berbagai trivia tentang era Perang Dunia II.

Halaman 152: Rasanya gaya bahasa yang digunakan terlalu seragam untuk semua karakter.

Halaman 163: Kenapa bule Belanda ini tidak memakai Mac seperti bule2 Belanda kebanyakan? a. Mungkinkah karena aplikasi software yang digunakan untuk membuat peta dan macam-macam itu tidak ada untuk Mac? b. Mungkinkah karena penulis tidak pernah berkenalan dengan Mac? :P

Halaman 169: Banyak paragraf yang percuma seperti paragraf penutup bab ini :(

Halaman 186: Mereka tidak minum untuk menghangatkan tubuh, they drink to unwind, they drink to celebrate.

Halaman 204: Honda Jazz and NO CELLPHONES? settingnya tahun berapa sih ini?

View all my reviews >>

No comments :