About Me

So, basically this blog was started by envy. Kulam Ikan Tetangga (the neighbor's fish pond) is a variation to the saying that goes "the neighbor's Grass is always greener". The Neighbor's Fish Pond will always have fatter and more fish (than your own fishpond). And so it is.

Novel Metropop Berjudul "XX" (resensi berlanjut)

No comments
XX XX by A.R. Arisandi

Duapuluh halaman untuk bab I yang berisi dengan bibit konflik awal yang kurang meyakinkan, dan perkenalan tokoh-tokoh, baik yang penting maupun pendukung, yang menyebalkan.

Sekitar 8-10 paragraf pertama harusnya dipisahkan dalam sebuah prolog. Pembangunan karakter tokoh sangat aneh, karena ilustrasi karakter yang diberikan melalui interaksinya dengan tokoh lain terasa sangat kaku, artifisial, dan tidak nyaman dinalar.

Narator, si aku, adalah tokoh bernama Donna yang semasa kuliah di Bandung tinggal serumah dengan tiga temannya: Mella, Putri, dan Liana. Liana ini adalah sumber konflik utama karena semenjak kuliah ia sudah dianggap cukup kontroversial dalam hal hubungannya dengan pria.
Setelah sekian tahun berpisah selulus mereka, keempat perempuan ini akhirnya bereuni dengan personil lengkap dan digambarkan bahwa Liana, yang sudah jadi janda, tetap mengundang masalah jika berhubungan dengan pria, di mana pria-pria itu adalah para suami teman-temannya.

Dialog, interaksi dan reaksi para tokoh ini dalam satu adegan terasa sangat mengganggu jika dihubungkan dengan fakta latar belakang hubungan mereka; tidak realistis, cenderung redundan, dan selalu bernada negatif.

Baru bab I dan membacanya sudah capai.


View all my reviews 

No comments :