About Me

So, basically this blog was started by envy. Kulam Ikan Tetangga (the neighbor's fish pond) is a variation to the saying that goes "the neighbor's Grass is always greener". The Neighbor's Fish Pond will always have fatter and more fish (than your own fishpond). And so it is.

Misteri Anu

No comments
Biasanya dalam pikiran ruwet menghasilkan sesuatu yang spektakuler dan mengejutkan pas kita dalam keadaan bengong. Nah, bengong yang paling plurktastik biasanya terjadi di kamar mandi dan di perjalanan, di atas bus misalnya.

Tadi mendadak kepikir... Anu itu apa sih?

Menurut KBBI online:
anu n 1 yg tidak disebutkan namanya (orang, benda, dsb): si -- membeli -- di toko --; 2 (untuk menyebutkan) sesuatu yg namanya terlupa atau tidak diketahui: gedung -- yg baru selesai dibangun itu akan diresmikan pemakaiannya besok

Anu juga sering dipake ngelawak, oleh para pelawak, yang sedang kekurangan ide. Karena biasanya Anu berkonotasi miring belok ke samping, ke arah alat kelamin. Artikel di Wiki tentang Anu sepertinya agak cocix sama konotasi ini:

Hurrian religion

In Hurrian mythology, Anu was the progenitor of all gods. His son Kumarbi bit off his genitals and spat out three deities, one of whom, Teshub, later deposed Kumarbi.
Serem abis. Anunya si Anu digigit terus dilepeh terus muncullah tiga dewa. Hahaha. Sungguh digdaya Anunya si Anu ini.

Tapi, sebetulnya si Anu dalam bahasa Indonesia ini dari mana ya asalnya? Apakah dia berevolusi dari bahasa daerah? Apakah dia diserap dari bahasa asing?

Mencari di google menghasilkan artikel tentang Raja setengah dewa yang namanya Anu.

Klik cari gambar di google, keluarnya foto bintang film India, yang namanya Anu.

Anu Mehta namanya, konon bintang Bollywood

Gue juga punya temen yang panggilannya Anu. Dulu operator di sebuah radio swasta di Bandung. Nama lengkapnya sih Anugerah. Hahaha.... Anu gerah. :) Pasti dia sudah kenyang diejek-ejek waktu dia kecil hingga remaja. Anu gerah. Heheh.

Di RL dulu, ada costumer yang suka datang bawa anaknya. Kebetulan costumer ini orang India. Namanya juga Anuradha. Anu radha.... Untunglah, kayaknya bu Anuradha ini nggak dibesarkan di Indonesia dan harus sekolah di sekolah dasar negeri Parongpong, misalnya. Untunglah, sepertinya dia dibesarkan di India.

Ada juga sekitar tahun 1994 waktu MTV masuk ke Indonesia liwat ANTV, MTVnya masih MTV Asia, syuting dan segala macem masih dibikin di Singapore, dan VJnya masih Mike Kasem, Rahul Khanna. Lalu ada satu VJ cewek. Namanya Anu, dengan nama belakang yang cukup spektakuler: Kottoor. Yes, I shit you not! Anu Kottoor. Tanya aja sama Jamie Aditya. Tapi, gue cari jejaknya di intraweb, nggak ada sama sekali. Kecuali foto ini yang gue nemu di sini...

Tapi celakanya, gue udah lupa tampangnya Anu Kottoor yang VJ MTV itu gimana soalnya dia bukan VJ favorit gue karena dia paling garing dan nggak segokil Mike yang terus berduet sama Nadya Hutagalung. Bener ini bukan ya?

Akhir-akhir ini gue mengalami krisis kosakata. Pas lagi ngobrol, di kepala terbayang bentuknya detil lengkap dan lain-lain, yang keluar dari mulut "Anu itu lho! Anu!" Sinting. Agak ganggu juga sih buat diri gue sendiri pas dengernya. Tapi tak berdaya karena isi kepala dan mulut ga singkron. Haha.

Udah ah, Anunya. Mau anu yang lain dulu. Yuk.

No comments :