About Me

So, basically this blog was started by envy. Kulam Ikan Tetangga (the neighbor's fish pond) is a variation to the saying that goes "the neighbor's Grass is always greener". The Neighbor's Fish Pond will always have fatter and more fish (than your own fishpond). And so it is.

Masih dari Bandung Art Now

No comments

Berikutnya, ada 3 lukisan cat air di atas kertas berukuran 1 kali 0.7 cm yang dibuat oleh Cinanti Astria Johansjah alias Keni. Karyanya sebetulnya tak terlalu wah, menampakkan sosok seseorang yang wajahnya tidak nampak, tapi kalau pernah melihat bentuk Keni, bisa menebak bahwa ini adalah potret diri. Potret diri Keni memakai berbagai baju berbagai warna dengan pose dan bahasa tubuh yang nyaris serupa. Saya sudah pernah melihat dua karya Keni yang lain, masih dengan tema yang sama, dalam pameran 4+9 di galeri Rumah Rupa, Kemang, tahun lalu. Dibandingkan dengan tiga karya yang dipamerkan kali ini, menurut saya dua karya Keni yang di Rumah Rupa itu terlihat lebih halus dan lebih terlihat rapi.


Entah apakah pemilihan medium cat air di atas kertas merupakan strategi (penjualan) yang disengaja oleh Keni, tapi melihat karya cat air berukuran besar merupakan selingan yang segar di antara berbagai karya cat minyak atau acrylic di atas kanvas yang berukuran raksasa. Jarang saya melihat seniman muda Indonesia yang menggunakan medium cat air di atas kertas untuk berkarya.

Melukis potret (diri) sempat menjadi cukup trendi di kalangan seniman seni rupa Indonesia karena beberapa seniman yang berpenghasilan stabil mendapatkan kestabilan tersebut melalui karya-karya dengan gambar potret (diri)--contohnya Agus Suwage, RE Hartanto, dan Budi Swiss. Jangan-jangan karena pilihan media cat air, pemilihan subjek yang dilukis pun--berupa potret diri, menjadi terlihat berbeda pula.

Selain pemilihan medium yang berbeda, menurut saya karya Keni memiliki karakter yang kuat, sehingga dia berhasil membuat karyanya tidak dihubung-hubungkan dengan para seniman berpenghasilan stabil tersebut. Hore!

Saya berharap Keni terus menekuni penggunaan cat air sebagai media membuat karya. Lebih tepatnya, saya berharap Keni terus berkarya. Amin...

Lho kok jadi mellow? Mari kita teruskan ke karya Gusbarlian Lubis, yang kadang dikenal dengan inisial GB.

bersambung, klik next
Foto seijin Novani Nugrahani dan mencuri dari Facebook Keni

No comments :