About Me

So, basically this blog was started by envy. Kulam Ikan Tetangga (the neighbor's fish pond) is a variation to the saying that goes "the neighbor's Grass is always greener". The Neighbor's Fish Pond will always have fatter and more fish (than your own fishpond). And so it is.

Four Hundred Stems of Roses and None for Me

1 comment

Instalasi terdiri dari bunga mawar potong segar dan pohon bunga mawar hidup. Seiring waktu berjalan bunga mawar potong segar akan menjadi layu dan kemudian membusuk lebih dahulu dari pohon bunga mawar hidup yang juga dibiarkan tanpa perawatan. Bunga mawar potong segar di sini mewakili segala hal yang kita ambil atau dijejalkan kepada kita begitu saja, sedangkan pohon bunga mawar mewakili segala hal yang telah ada dalam kita.

Di langit-langit di atas instalasi utama tergantung bunga mawar (sub rosa). Mawar yang digantung (sub rosa) atau gambar mawar di atas langit-langit ruangan pada jaman dahulu merupakan simbol bahwa semua hal yang dibicarakan dalam ruangan itu merupakan sesuatu yang rahasia. Semua yang hadir dalam ruangan itu terikat sumpah untuk menjaga kerahasiaan.

Suara yang diputar melalui cd player (atau alat lain) merupakan komposisi berdasarkan Shepard Scale. Suara yang terdengar adalah satu komposisi yang nadanya berubah terus tanpa akhir yang merupakan ilusi pendengaran yang dihasilkan Shepard Tone. Jika komposisi suara tersebut didengarkan dengan teliti, maka akan terdengar bahwa komposisi itu hanya merupakan pengulangan-pengulangan dari satu komposisi nada. Suara ini adalah simulasi berbagai penjelasan dan alasan atas segala hal yang dipresentasikan dengan instalasi mawar, yang sebenarnya hanya penjelasan dan alasan yang sama dengan kemasan yang berbeda.

Instalasi ini mencoba untuk memotret kondisi sosial dan budaya (global) saat ini yang cenderung serba sesaat karena tindakan 'membiarkan'. Masyarakat cenderung menjadi pengguna dan atau penikmat belaka. Apa yang akan terjadi menjadi tidak penting lagi di sini, selama ada yang bisa diambil, atau ada yang menyodorkan sesuatu untuk dipakai atau dinikmati. Masyarakat cenderung diam walaupun tahu apa yang akan terjadi seolah terikat sumpah untuk merahasiakan apa yang mereka tahu. ---

Karya instalasi BIVE dipamerkan dalam Yogya Death Match, pameran pembukaan Room Mate.

Dokumentasi instalasi courtesy of IVAA.



Ya, dia adalah om-om yang berkelebihan dan cool....

1 comment :

Anonymous said...

karya paling ku suka di jogja det mech .......

E.P